Call: 0123456789 | Email: info@example.com

PESONA SITUS BATU LAWANG DESA BANYUPUTIH


Situs Batu Lawang merupakan situs megalitikum yang merupakan tempat bertapa para kiyai terdahulu untuk mencari ‘wangsit’ atau petunjuk. Dinamai Batu Lawang karna terdapat lubang yang berbentuk seperti pintu atau ‘lawang’. Terdiri atas empat buah batu. Dua batu sebagai penyangga, dan dua lagi berada tepat diatasnya sehingga menyerupai bentuk pintu. Kedua batu yang berada di atasnya membentuk sebuah celah dan baru bercelah inilah yang bentuknya dianggap menyerupai pintu.

Batu Lawang teYDXJ0058rsebut memiliki tinggi sekitar 7 meter. Posisi batu ini tepat berada di ujung tebing areal kebun. Meskipun letaknya di ujung tebing, tetapi selama bertahun-tahun batu tersebut tidak pernah goyah ataupun pindah posisi. Menurut Abdul Wafi, selaku juru kunci Batu Lawag, berdasarkan kepercayaan masyarakat Banyuputih, konon ada dua petapa yang bertapa di batu ini, yaitu KH. Abdul Asis dan KH. Abdullah. Mereka adalah sesepuh di desa Banyuputih, yang konon setiap bertapa dijaga macan (harimau) dan hanya dua orang tersebut yang berani masuk wilyah batu lawang ini.

Jarak dari situs ini dari balai desa Banyuputih tidak terlalu jauh, sekitar 750 meter. Untuk menuju situs ini bisa menggunakan sepeda motor, tetapi harus di parkir di rumah-rumah warga dan sisanya berjalan kaki.  Situs ini masih akan diberdayakan lagi oleh pemerintah desa dan dipercantik lagi sekitar kawasan dari situs ini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat Datang

SELAMAT DATANG di website resmi desa Banyuputih Kabupaten Bondowoso. Website resmi ini mengekspose potensi desa Banyuputih meliputi program kerja, kebudayaan, acara keagaamaan, potensi wisata dan perekonomian desa. Anda juga berkesempatan melihat peluang usaha yang ada di desa Banyuputih

Sistem Administrasi dan Informasi Desa

Kalender

December 2018
M T W T F S S
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Skip to toolbar