Call: 0123456789 | Email: info@example.com

PESONA TERSEMBUNYI BANYUPUTIH (BAG 3) “BATU NISAN LANDEUR”


Banyuputih (26/01), anggota KKN UMD 04 melakukan survei bersama dengan perangkat desa ke tempat Batu Nisan Landeur. Batu Nisan Landeur merupakan salah satu situs peninggalan yang berada di desa Banyuputih. Konon, Batu Nisan Landeur ini adelah  batu nisan bagian kaki dari kuburan “makhluk halus” yang batu nisan bagian kepalanya berada di Pulau Madura, tepatnya berada di Sumenep. Menurut Pak Mustar, selaku kepala dusun, batu nisan tersebut membesar, karena menurut beliau pada mulanya batu nisan tersebut tidak sebesar seperti saat ini. Dari cerita warga yang memiliki rumah di sekitar batu nisan tersebut terdapat beberapa cerita yang janggal diantaranya yaitu ada seorang warga yang pernah menggunakan batu nisan tersebut sebagai tumpuan untuk membuat kandang ternak. Tiba-tiba tiang dari kandang tersebut panjang sebelah.

Jpeg
Foto Batu Nisan Landeur
Jpeg
Foto Batu Nisan Landeur

Selain itu, pernah ada suatu kejadian beberapa anak kecil yang membuat batu nisan tersebut sebagai mainan mereka. Mereka mencabut batu nisan tersebut dan pada malam harinya mereka jatuh sakit. Mereka mengalami demam hingga menggigil dan muncul bintik-bintik merah di kulit mereka. Keesokan harinya batu nisan tersebut telah terpasang kembali ke tempatnya dan anak anak kecil tersebut kembali sehat.

Jpeg
Wawancara dengan warga setempat

Batu Nisan Landeur ini juga tidak boleh digunakan sebagai tempat duduk, kata salah seorang warga yang berada di sekitar batu nisan tersebut. Hal ini dikarenakan ada seorang warga yang setelah duduk diatas batu nisan tersebut tidak dapat buang air. Pernah suatu ketika orang dari Situbondo berdoa di depan batu nisan tersebut lalu pergi begitu saja tanpa berkata-kata. Tidak ada yang tahu tujuan orang tersebut berdoa di di depan batu nisan Landeur. Banyak cerita telah beredar mengenai Batu Nisan Landeur, dan Batu Nisan Landeur telah menjadi objek yang sakral bagi masyarakat Banyuputih. (Hadi Sam Amir – PPI Desa)

Have any Question or Comment?

One comment on “PESONA TERSEMBUNYI BANYUPUTIH (BAG 3) “BATU NISAN LANDEUR”

nisan yang bagian kepala berada di Pulau Madura :D, karena menurut cerita narasumber dan warga setempat bahwa Landeur ini di gambarkan sebagai mahluk raksasa yang sangat besar, sehingga tidak heran kalau nisan bagian kepala berada di Pulau Madura dan nisan bagian kaki berada di Desa Banyuputih hehe 😀

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat Datang

SELAMAT DATANG di website resmi desa Banyuputih Kabupaten Bondowoso. Website resmi ini mengekspose potensi desa Banyuputih meliputi program kerja, kebudayaan, acara keagaamaan, potensi wisata dan perekonomian desa. Anda juga berkesempatan melihat peluang usaha yang ada di desa Banyuputih

Sistem Administrasi dan Informasi Desa

Kalender

June 2019
M T W T F S S
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Skip to toolbar